Pages

Minggu, 08 November 2009

RUMAH MEZANIN Proses Perancangan

Pemilik : Pribadi
Peruntukan : Rumah Tinggal pribadi
Lokasi : Bandung
Luas Lahan : ± 255 m2
Luas Bangunan : ± 162 m2
Perancangan : Januari 2007 – April 2007 (Dezeru Art & Design)

Konstruksi : April 2007 – Juli 2007

Akhir Januari 2007, Dezeru dihubungi Pemilik yang ingin meminta bantuan merancang rumah barunya. Kami pun bertemu untuk membicarakan lebih lanjut dan mencapai kesepakatan Dezeru akan membantu Pemilik mewujudkan tempat tinggal yang sesuai dengan mereka. Ditemani Pak Yudho dan Mbak Ervin, Dezeru mengadakan survei ke lahan tempat rumah itu dibangun.


Awalnya, Pemilik, ingin proses perancangan dilakukan selama 1 bulan. Dengan pertimbangan waktu konstruksi sekitar 4 bulan, rumah akan selesai saat anak pertama mereka masuk sekolah pada bulan Juli. Kami menyanggupi permintaan itu dan segera membuat desain denah rumah yang diasistensikan seminggu setelah pertemuan itu.

Desain pertama, Dezeru mengusulkan massa bangunan dengan taman dalam dipenuhi di sisi lahan yang bersebelahan dengan lahan lain dan membuat taman samping di sisi lahan yang berbatasan dengan jalan masuk perumahan. Setelah berdiskusi, ternyata desain ini kurang pas dengan keinginan pemilik. Pemilik kurang menyukai taman samping yang ada dalam desain kami. Karena kemungkinan nantinya kurang terawat.

Dezeru kemudian mengajukan desain yang baru minggu berikutnya. Kali ini massa bangunan terpusat di tengah lahan dengan sedikit taman samping untuk sirkulasi udara, cahaya dan manusia, ditambah masssa kecil di belakang lahan untuk Kamar Tidur Utama. Di bagian depan lahan, ditambahkan massa kecil tempat usaha yang nantinya akan dibuat untuk pemilik rumah. Dari hasil diskusi, pemilik meminta agar bangunan hanya dibuat satu massa saja. Dezeru pun memberi masukan bahwa ruang yang diinginkan terlalu banyak untuk massa bangunan berlantai satu.

Akhirnya, Pemilik mengajukan denah yang yang mereka buat sendiri. Massa bangunan dibuat jadi satu dan diletakkan di tengah lahan. Garasi ditiadakan serta hanya terdapat Taman Depan dan Taman Belakang. Setelah diskusi lebih lanjut, Dezeru dan Pemilik sepakat untuk memakai denah tersebut dengan beberapa penambahan dan detail dari pihak Dezeru. Karena waktu 1 bulan sudah mendekati akhir, Pemilik dan Dezeru bersepakat untuk memperpanjang waktu desain dan melanjutkan proses sampai ke bagian yang detail. (YTM)

3 komentar:

Arsitek Gratis Online mengatakan...

wah, dezeru masih peminat bangunann dengan konsep banyak massa ya? hehehe... oh yah, jadi inget waktu tim bikin rumah pak deni, itu kan banyak massa dan jujur, itu proyek menarik banget deh,,, boleh dunk dezeru bikin liputan nya... tapi mungkin musti izin pak denny dulu ya??? oh riverstone, pa kabarmu...
dezeru, aku tunggu hasil lanjutnya rumah ini,,, oh yah, berapa lama tuh kira2 pekerjaannya? pake deadline kah?

DEZERU Art and Design mengatakan...

Untuk rumah Pak denny, bisa dinantikan di ww.loviemiaai.multiply.com. Karena itu bukan Dezeru punya. :)
Pegerjaan rancangannya sekitar 3 bulan. Untuk konstruksi sekitar 4 bulan.

W i e d e s i g n a r c h mengatakan...

Oh oh oh... begitiu,,,, okeh, daku tunggu yah untuk Pak Deni nya.... seru pastinya,,, aku tunggu gu gu gu