Pages

Jumat, 15 Januari 2010

INTEGRATED SPACE Proses Perancangan

Penyelenggara : Seri Rumah Ide
Peruntukan : Kamar Mandi untuk tempat tinggal di daerah pegunungan
Ukuran Ruang : 3 m x 4 m
Waktu Sayembara : April 2007 – Juli 2007 (Dezeru Art & Design)


Kompetisi Perancangan Ruang Dalam kedua kami. Diadakan oleh Seri Rumah Ide, buku mengenai Arsitektur dan Ruang Dalam keluaran Imelda Akmal Architecture Writer, merupakan salah satu dari rangkaian Lomba Fasad-Lomba kamar Mandi-Lomba Dapur. Dikerjakan selama sekitar 1 bulan.

Dezeru bertemu untuk bertukar pendapat mengenai dapur dan kecenderungan yang ada. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dapur, perletakan dapur, dll. Dezeru melihat bahwa dapur merupakan salah satu fungsi yang sangat penting dalam sebuah rumah, yaitu sebagai tempat memasak makanan bagi penghuni rumah. Untuk memasak makanan diperlukan berbagai peralatan dan bahan makanan dengan jumlah tertentu. Pemakaian peralatan dan bahan makanan yang hanya pada saat-saat tertentu, membuat sebuah dapur memerlukan ruang (space) yang tidak sedikit untuk menyimpan semuanya pada saat tidak dipakai. Padahal dalam sebuah rumah terdapat fungsi-fungsi lain yang juga memerlukan ruang, sehingga kebutuhan ruang penyimpanan itu tidak bisa dipenuhi seutuhnya, terutama pada rumah dengan luasan terbatas.

Beranjak dari pemikiran itu, Dezeru pun mengambil pergantian fungsi dan pemakaian peralatan pada proses memasak sebagai dasar perancangan dapur, dapur yang dapat menampung seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Dari konsep yang menjadi dasar perancangan ini, Dezeru menentukan ruang dan kegiatan apa saja yang akan ditampung. Lalu dicari titik temu yang akan mempersatukannya. Dezeru juga menentukan lokasi dapur serta hubungannya dengan ruang dalam lain dan ruang luar. Ukuran ruang telah ditentukan oleh panitia sayembara. (YTM)

Tidak ada komentar: