Pages

Jumat, 15 Januari 2010

WET ‘N DRY Proses Perancangan

Penyelenggara : Seri Rumah Ide
Peruntukan : Kamar Mandi untuk tempat tinggal di daerah pegunungan
Ukuran Ruang : 3 m x 4 m
Waktu Sayembara : April 2007 – Juni 2007 (Dezeru Art & Design)

Kompetisi Perancangan Ruang Dalam pertama kami. Diadakan oleh Seri Rumah Ide, buku mengenai Arsitektur dan Ruang Dalam keluaran Imelda Akmal Architecture Writer, merupakan salah satu dari rangkaian Lomba Fasad-Lomba kamar Mandi-Lomba Dapur. Dikerjakan selama sekitar 1 bulan.

Awalnya Dezeru mengadakan pertemuan untuk bertukar pikiran mengenai ide yang akan dijadikan dasar untuk merancang kamar mandi. Mengenai nilai kamar mandi, kecenderungan pemakaian kamar mandi, dll. Dezeru menemukan satu persoalan menarik, yaitu keberadaan kamar mandi kini tidak lagi menjadi daerah belakang yang terabaikan. Akhirnya Dezeru memutuskan untuk membuat rancangan kamar mandi berdasarkan kegiatan sebelum-selama-sesudah proses membersihkan diri, kamar mandi yang tetap menjaga keamanan dan kenyamanan pribadi penggunanya namun terbuka untuk melahirkan inspirasi.

Setelah menentukan konsep dasar, Dezeru menentukan ruang dan kegiatan apa saja yang akan ditampung dalam kamar mandi ini. Lalu dikelompokkan dan dicari material apa yang sesuai. Dezeru juga menentukan lokasi kamar mandi serta hubungannya dengan ruang dalam lain dan ruang luar. Ukuran ruang telah ditentukan oleh panitia sayembara. (YTM)

Tidak ada komentar: