Pages

Jumat, 15 Januari 2010

RUMAH PERABOT Proses Perancangan

Pemilik : Pribadi
Peruntukan : Rumah Tinggal pribadi
Lokasi : Jakarta
Luas Lahan : ± 60 m2
Luas Bangunan : ± 81 m2
Perancangan : Agustus – Oktober 2007 (Dezeru Art & Design)
Konstruksi : -

Seorang teman menghubungi Dezeru di awal Agustus 2007, menyampaikan permintaan saudaranya untuk dibantu merancang rumahnya. Data lahan dan kebutuhan ruang juga disertakan bersama permohonan ini. Karena ini merupakan proyek renovasi, Dezeru meminta tambahan data berupa foto rumah yang akan dirombak. Karena berada di kota yang berbeda, komunikasi dilakukan melalui email.
Setelah mendapat semua data yang dibutuhkan, Dezeru memulai proses perancangan. Dari data yang ada, Dezeru mendapati bahwa lahan yang tersedia cukup kecil sementara kebutuhan ruang cukup banyak. Karena itu Dezeru mencoba memaksimalkan ruang yang ada dengan cara memanfaatkan semua ruang yang terbentuk, bukan hanya secara horisontal tapi juga secara vertikal. Ruang-ruang dibuat dapat menampung berbagai kegiatan yang dapat dilakukan secara bergantian. Ruang-ruang yang bersebelahan dibuat menyatu dengan perabot sebagai batas dan penanda kegiatan yang ditampung. Sirkulasi udara dan cahaya juga menjadi bagian penting dari ruang-ruang yang akan dibuat, dengan membuat ruang dalam yang terbuka ke ruang dalam dan bukaan yang besar. Tampak Depan dibuat sederhana dan sesuai kebutuhan ruang di belakangnya.
Dezeru pun mengajukan gambar denah dan tampak depan kepada Pemilik, disertai dengan penjelasan desain dan kemungkinan tahapan pembangunan untuk menyesuaikan dengan kemampuan Pemilik. Pemilik menyukai gagasan ini. Namun, ada beberapa bagian sedikit dirubah, yaitu pada bagian tangga, dapur serta ruang cuci, jemur dan setrika. Dezeru juga diminta memberikan beberapa rancangan tampak depan sebagai pilihan lain.

Dengan masukan dari Pemilik, Dezeru melakukan beberapa perubahan pada denah dan tampak. Hasil rancangan akhir yang disetujui diserahkan ke pemilik. (YTM)

Tidak ada komentar: